6 Lukisan Termahal yang Pernah Dijual

Mengintip Dunia Lukisan: Lukisan Termahal yang Pernah Dijual

Women of Algiers
Women of Algiers (Foto: Useum.org)

Seni lukis adalah salah satu bentuk seni yang paling memukau dan menginspirasi dalam sejarah manusia. Lukisan memiliki kemampuan untuk memikat mata, menyentuh hati, dan menciptakan pengalaman mendalam bagi penontonnya. Tidaklah mengherankan bahwa beberapa lukisan telah mencapai harga yang luar biasa tinggi di pasar seni internasional. Dalam artikel ini, kita akan mengintip beberapa lukisan termahal yang pernah dijual di dunia.


1. "Salvator Mundi" oleh Leonardo da Vinci

Salvator Mundi (Foto: luxuryviewer.com)
Salvator Mundi (Foto: luxuryviewer.com)

Lukisan ini mungkin adalah salah satu karya seni yang paling misterius dan kontroversial dalam sejarah seni lukis. "Salvator Mundi" atau "Penyelamat Dunia" adalah karya terakhir yang diketahui milik Leonardo da Vinci yang masih ada. Lukisan ini menggambarkan Yesus Kristus dengan dunia di tangannya. Pada tahun 2017, "Salvator Mundi" terjual dengan harga fantastis, mencapai lebih dari $450 juta dalam lelang di Christie's New York. Ini membuatnya menjadi lukisan termahal yang pernah dijual.


2. "Interchange" oleh Willem de Kooning

Interchange
Interchange (Foto: Theartwolf.com)

Willem de Kooning adalah salah satu pelukis abstrak ekspresionis terkemuka abad ke-20. Lukisannya yang terkenal, "Interchange," dianggap sebagai salah satu karyanya yang paling signifikan. Pada tahun 2015, seorang kolektor seni bernama Kenneth C. Griffin membeli lukisan ini dengan harga $300 juta, menjadikannya salah satu karya seni paling mahal di dunia.


3. "Nafea Faa Ipoipo (Ketika Akan Kita Menikah?)" oleh Paul Gauguin

Nafea Faa Ipoipo
Nafea Faa Ipoipo (Foto: Artehistoria.com)

Paul Gauguin adalah seorang pelukis pascainpressionisme terkenal yang menghabiskan banyak waktunya di Tahiti. Lukisannya yang terkenal, "Nafea Faa Ipoipo," menggambarkan dua wanita Polinesia. Pada tahun 2015, keluarga kerajaan Qatar membeli lukisan ini dengan harga yang luar biasa tinggi, yaitu lebih dari $210 juta. Ini menjadikannya salah satu lukisan paling mahal yang pernah dijual.


4. "No. 6 (Violet, Green and Red)" oleh Mark Rothko

No. 6 (Violet, Green and Red)
No. 6 (Violet, Green and Red) (Foto: Pinterest)

Mark Rothko adalah seorang pelukis abstrak ekspresionis Amerika Serikat yang terkenal dengan penggunaan warna-warna yang mendalam dan atmosferik dalam karyanya. Salah satu karyanya, "No. 6 (Violet, Green and Red)," terjual seharga $186 juta pada tahun 2014, menjadikannya salah satu lukisan paling mahal dalam sejarah seni.


5. "Women of Algiers" oleh Pablo Picasso

Women of Algiers
Women of Algiers (Foto: Useum.org)

Pablo Picasso adalah salah satu pelukis terbesar sepanjang masa, dan karyanya mencakup berbagai periode seni yang berbeda. Lukisannya yang terkenal, "Women of Algiers," adalah bagian dari serangkaian lukisan yang menghormati Eugène Delacroix. Pada tahun 2015, lukisan ini terjual dengan harga $160 juta, menciptakan rekor baru sebagai salah satu lukisan paling mahal yang pernah dijual pada waktu itu.


6. "Portrait of Adele Bloch-Bauer I" oleh Gustav Klimt

Portrait of Adele Bloch-Bauer I (Foto: singulart.com)
Portrait of Adele Bloch-Bauer I (Foto: singulart.com)

Karya seni ini adalah salah satu lukisan paling ikonik dari seniman Austria, Gustav Klimt. "Portrait of Adele Bloch-Bauer I" memiliki nilai sejarah dan seni yang luar biasa. Pada tahun 2006, Ronald Lauder, pendiri Neue Galerie di New York, membeli lukisan ini dengan harga lebih dari $135 juta, menjadikannya salah satu karya seni termahal di dunia.

Kesimpulan

Seni lukis adalah bentuk seni yang tak ternilai harganya yang dapat menciptakan pengalaman mendalam bagi penontonnya. Lukisan-lukisan termahal di dunia ini adalah contoh nyata dari bagaimana seni dapat memiliki nilai finansial yang sangat tinggi. Dengan karya-karya seni yang menggambarkan keindahan, kekuatan, dan ekspresi kreatif, seni lukis terus menginspirasi dan mengagumkan dunia.

Comments